Friday, November 5, 2021

Kelebihan dan kekurangan Virtualisasi beserta jenis-jenisnya

Catur Budi W.



Teknik menyembunyikan sumber daya fisik komputer  merupakan suatu teknologi yang berkembang pada saat ini, teknologi ini memungkinkan end user tidak berinteraksi secara langsung. Teknologi tersebut sering di kenal dengan virtualisasi. Virtualisasi yaitu sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi, perangkat storage/ penyimpanan data atau sumber daya jaringan.

Video Youtube : Mengenal Teknologi Virtualisasi atau lihat disini: 

https://youtu.be/joeZwmH6xb0

Kelebihan Virtualisasi

Kelebihan dari teknologi Virtualisasi ini antara lain:

1. Pengurangan Biaya Investasi Hardware. Dengan menggunakan teknologi ini, investasi hardware dapat ditekan lebih rendah karena virtualisasi hanya mendayagunakan kapasitas yang sudah ada.

2. Kemudahan Backup & Recovery. Teknologi ini, server-server yang dijalankan didalam sebuah mesin virtual dapat disimpan dalam 1 buah image yang berisi seluruh konfigurasi sistem.

3. Kemudahan Deployment. Dengan menggunakan teknologi virtualisasi, server virtual dapat dikloning sebanyak mungkin dan dapat dijalankan pada mesin lain dengan mengubah sedikit konfigurasi.

4. Kemudahan Maintenance & Pengelolaan. Teknologi ini memungkinkan jumlah server yang lebih sedikit otomatis akan mengurangi waktu dan biaya untuk mengelola.

5. Penyediaan/pembangunan dan instalasi yang lebih cepat

6. Keseragaman Platform

7. Kemudahan Replacement. kita bisa dengan mudah melakukan upgrade spesifikasi atau memindahkan virtual machine ke server lain yang lebih powerful

Baca juga:

Langkah Mudah Sharing/berbagi File dengan google drive

Kekurangan Virtualisasi

Teknologi ini selain mempunyai kelebihan juga mempunyai kekurangan. Kekurangan dari teknologi virtualisasi antara lain:

1. Satu Pusat Masalah. Pada teknologi ini jika server induk bermasalah, semua sistem virtual machine didalamnya tidak bisa digunakan.

2. Spesifikasi Hardware. Dengan menggunakan teknologi ini, untuk implementasi Virtualisasi membutuhkan spesifikasi server yang lebih tinggi untuk menjalankan server induk dan mesin virtual didalamnya.

3. Satu Pusat Serangan. Penempatan semua server dalam satu komputer akan menjadikannya sebagai target serangan sehingga rawan untuk di bobol.

Pada teknologi virtualisasi ada beberapa istilah yang digunakan antara lain:

Hypervisor/Virtualizer: Perangkat lunak yang melakukan virtualisasi system dan monitoring sumberdaya komputasi.

Host: Sebuah Komputer/server fisik yang dipasangkan software virtualisasi/hypervisor.

Guest: Sistem virtual yang berjalan diatas sistem virtualisasi.

Emulasi: Sebuah teknik konversi perintah atau instruksi melalui perangkat lunak. Emulasi menciptakan overhead (semakin komplek perintah yang diemulasikan, semakin besar overhead).

Emulator: software yang melakukan emulasi. Misalnya: DOSbox, Bochs, Qemu, Dynamips/Dynagen, ePSXe.

Baca juga:

Langkah cepat dan mudah dalam membuat google formulir untuk pendaftaran acara

Jenis Virtualisasi

Teknologi virtualisasi terbagi menjadi dua kategori utama yaitu:

1. Platform virtualisasi (virtualisasi mesin) melibatkan simulasi dari mesin virtual

2. Resource Virtualisasi melibatkan simulasi dari sumber daya yang digabungkan atau disederhanakan

Jenis-jenis Virtualisasi Mesin

  1. Partial Virtualization

Merupakan teknik vitualisasi atau simulasi perangkat keras, dimana tidak semua bagian dari perangkat tersebut di-virtual-kan, sehingga diperlukan modifikasi sebagian pada sistem operasi atau perangkat lunak guest. Pada teknologi ini berjalan pada CPU yang berbeda untuk tiap “guest”. Untuk aplikasi yang digunakan yaitu Bochs, PearPC, PPC version dari Virtual PC, QEMU.

Gambar 1 jenis Partial Virtualization

2. Full Virtualization

Merupakan teknik vitualisasi atau simulasi lengkap semua perangkat keras yang digunakan guest. Misal: Vmware, virtualbox,Parallels Desktop, dll. Sistem pada guest dapat berjalan tanpa modifikasi dan Semua Guest mendapatkan sebuah virtual hardware, dan semua virtual harware dikelola oleh hypervisor. Full virtualization Menggunakan hypervisor untuk membagi ‘hardware; VM disimuliasikan  pada hardware berjalan pada satu CPU yang sama dan berjalan secara terisolasi.

Gambar 2 jenis Full Virtualization

Contoh aplikasi yang dapat digunakan yaitu Virtual Iron, VMware Workstation, VMware Server (formerly GSX Server), Parallels Desktop, Adeos, Mac-on-Linux, Win4BSD, Win4Lin Pro, and z/VM.

Baca juga:

Simulasi konfigurasi firewall dengan mengunakan Packet Tracer

 

3. Paravirtualization

Merupakan sebuah teknik virtualisasi dengan melakukan eksekusi permintaan dari guest(OS) sehingga meniru perilaku kerja sebuah sistem perangkat keras yang berbeda. Misal: Xen. Melakukan proses virtualisasi server pada OS level, mengaktifkan multiple server virtual untuk berjalan pada satu server fisik. Lingkungan “guest” akan melakukan share OS yang sama sesuai dengan host system à misal menggunakan kernel yang sama untuk membuat sebuah “guest” Contoh aplikasi yang digunakan yaitu Linux-VServer, Virtuozzo, OpenVZ, Solaris Containers, and FreeBSD Jails.

Gambar 3 jenis Paravirtualization

 

Jenis-jenis Resource Virtualization

Konsep virtualisasi semakin berkembang untuk implementasi sumber daya sistem secara spesifik misalkan untuk storage dan network.  Resource aggregation, spanning, or concatenation combines individual components into larger resources or resource pools. For Contoh: RAID Volume manager menggabungkan beberapa disk menjadi satu logical disk. Virtualisasi storage merefer pada proses membentuk sebuah storage logical dan biasanya digunakan pada SAN. Dimana satu physical storage di agregatkan menjadi beberapa pool storage. Channel bonding pada sebuah network equipment, menggunakan multiple links untuk digabungkan dan bekerja menjadi satu sehingga mendapatkan bandwidth yang lebih tinggi. VPN dan NAT à Virtual Circuit.

Baca juga:

Mengenal Tantangan Requirements Engineering pada Rekayasa web

 

Kesimpulan

Full virtualization (direct execution)

Exact hardware exposed to OS

Efficient execution

OS runs unchanged

Requires a “virtualizable” architecture

Example: VMWare

 

Paravirtualization

OS modified to execute under VMM

Requires porting OS code

Execution overhead

Necessary for some (popular) architectures (e.g., x86)

Examples: Xen

 

Meningkatkan jangkauan daya pancar Remote Control dengan menggunakan signal booster

Teknik Elektro ITDA



Pada perkembangan teknologi kedirgantaraan, sekarang banyak pesawat tanpa awak yang digunakan dalam berbagai aplikasi kehidupan sehari-hari, baik dalam foto udara sampai pengiriman paket dalam e-commerce. Pesawat awak ini juga disebut dengan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang juga digunakan dalam bidang telekomunikasi untuk membawa sistem komunikasi 4G LTE. Sistem pengendalian UAV bisa secara manual maupun dengan otomatis. Pengendalian manual dengan cara menggunakan Remote Control (RC) sebagai pengendali utama. Untuk memaksimalkan penerbangan pesawat UAV maka untuk meminimalisasi terjadinya Loss Contact maka pada penelitian ini membuat suatu perangkat yang digunakan untuk meningkatkan daya pancar tanpa mengubah frekuensi yang digunakan yaitu signal booster. Blok diagram signal booster dapat dilihat pada gambar 1.

Baca juga:

Cara pengutipan dalam karya ilmiah, Untuk mengantisipasi Plagiarism

 

 

www.blog.calesmart.com

Gambar 1. Blok diagram signal booster

Gambar skema Rangkaian

Berdasarkan gambar 1 dapat dilihat bahwa sinyal masukan di proses dengan menggunakan transistor 2SC930 pada blok pendorong dan penguat 1 kelas A, kemudian masuk ke transistor 2SC2053 penguat II kelas A dengan daya 1 watt dan melalui rangkaian penyesuai impedansi agar sinyal yang di kirimkan terjadi transfer daya maksimum setelah itu sinyal di proses oleh blok diagram penguat III kelas C dengan komponen yang digunakan transistor 2SC1971 setelah itu masuk blok diagram rangkaian penyesuai impedansi dengan keluaran daya maksimum 6 Watt dengan pengoperasian frekuensi cutoff 175MHz. Sedangkan skema rangkaian signal booster dapat dilihat pada gambar 2.

www.blog.calesmart.com

Gambar 2. Skema rangkaian signal booster

Baca juga:

Cara membuat proposal Hibah penelitian Ristek Dikti yang baik seperti apa?

Tabel 1. Notasi dan nilai komponen yang digunakan

NoNotasiTipeKeterangan
1R1Resistor68 kΩ
2R2,R4,R6Resistor10KΩ
3R3Resistor47KΩ
4R5Resistor33KΩ
5L1, L2, L7, L10Induktor5 lilit email 1 mm diameter 5 mm
6L3Induktor6 lilit email 1 mm diameter 5 mm
7L4, L­5Induktor2 lilit email 1 mm diameter 6 mm
8L7Induktor5 lilit email 1 mm diameter 6 mm
9L8Induktor3 lilit email 1 mm diameter 6 mm
10L9InduktorToroida 10 lilit email 1 mm
11Q1, Q2Transistor2SC930
12Q3Transistor2SC2053
13Q4Transistor2SC1971
14RFC­ (R7 dan L6)resistor 470 Ω dililit email 0,3 mm
15C1, C2, C3, C4, C10Capasitor22 pF
16C6, C7, C8, C11, C12Capasitor100 nF
17Trimmer1(C5)Capasitorup to 47 pF
18Trimmer2(C9)Capasitorup to 30 pF

 

Hasil perancangan

Berdasarkan skema rangkaian pada gambar 2 nilai toleransi masing-masing setiap komponen dapat dilihat pada tabel 1. Setelah pembuatan skematik rangkaian langkah selanjutnya yaitu pembuatan Printed Circuit Board (PCB) rangkaian, untuk hasil pembuatan PCB. Untuk hasil akhir penyolderan dan proses cetak PCB dapat dilihat pada gambar 3.

www.blog.calesmart.com

Gambar 3. Hasil Penyolderan dan susunan komponen dari signal booster

Untuk hasil perancangan PCB dapat dilihat pada jurnal ini,  semoga bermanfaat,

Mengenal tentang Teknologi Komputasi dan Komunikasi Kuantum

Teknik Elektro ITDA

 


Penelitian mengenai quantum computing sudah dilaksanakan hampir 50 tahun dan kini, perlahan-lahan, teori menjadi kenyataan. Saat ini, Google, IBM, dan sejumlah startup sedang berlomba untuk menciptakan komputer kuantum, superkomputer generasi berikutnya.

Komputer kuantum menggunakan algoritma yang berbeda, banyak peneliti yang berharap bahwa komputer ini dapat bersifat universal dan toleran terhadap kesalahan. Ini termasuk beberapa contoh paling terkenal: Algoritma faktorisasi Shor dan algoritma Grover untuk pencarian tidak terstruktur.

Secara hipotesis operasi komputer kuantum dapat dilakukan jauh lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit energi daripada komputer klasik seperti paparan pada video webinar yang di adakan oleh STEI ITB tanggal 13 November 2020.

Baca juga:

Mengenal tentang Teknologi Komputasi dan Komunikasi Kuantum

 

Sejarah dari komputasi kuantum dan teknologi kuantum dimulai dari 100 tahun yang lalu Einstein dan Niels Bohr berdebat mengenai keanehan suatu partikel atomik yang kita kenal dengan istilah entangle man atau korelasi antara partikel yang mana 2 partikel yang berjarak jauh bisa memiliki korelasi/perilaku yang sama, dah sudah berpuluh tahun tidak bisa dipecahkan oleh para pemuka fisikawan dan matematikawan. Yang setelah dibiarkan sampai sekitar tahun 80-an 90-an muncul kembali sebuah riset tentang komputasi kuantum, mulai dari kolbinyov yang memodelkan kuantum touring machine sampai tahun 90-an dimana peter Schorr dari MIT menemukan quantum algorithm yang sampai saat ini itu menjadi riset yang tidak ada habis-habisanya digali sampai pada tahun 2019 lalu, Google berhasil mendemokan quantum supremacy dimana suatu prototype quantum computer yang dapat menjalankan suatu task / perhitungan yang hamper tidak mungkin dilakukan oleh super komputer saat ini. Jika memakai super komputer saat ini itu dapat membutuhkan waktu sampai 10.000 tahun, sedangkan jika menggunakan quantum computer itu hanya membutuhkan waktu sekitar 200 detik saja.

Baca juga:

Mengatasi sumber daya alam terbatas, Pemerintah atur penggunaan alokasi spektrum frekuensi radio (2)

 

Dengan berkembangnya waktu, informasi mengalami proses pertukaran dan pengolahan sehingga manusia dapat meluruskan pengetahuan. Seperti makalah dengan judul “The Mathematical of Information” yang dibuat oleh Claude Solomon. Makalah tersebut berperan dalam perkembangan dunia digital informasi sehingga kita dapat mengenal perangkat pengolah, perangkat penyimpan, dan perangkat pengirim informasi.

Quantum computing terdiri dari Quantum Logic Gate dan Quantum Anealer. Pada Quantum Logic Gate memiliki sekumpulan gerbang logika kuantum, jika ingin memprogram kedalam mesin ini dengan cara kita harus memasukkan kode-kode kuantum assembly kemudian di compile dan kemudian komputer akan melakukan penyambungan dari gerbang satu ke gerbang lain. Pada Quantum aneater, jika ingin memprogram maka kita harus merumuskan problem dalam istilah Hamiltonian dengan ekstrasi koefisien kemudian di input kedalam mesin kuantum annealer ini.

Cara mengatasi penyandian pada Quantum adalah Quantum Kriptografi, yang disampaikan oleh Einstein, B. Poddsky dan N. Rosen tentak mekanikal quantum bukan teori lengkap dan mengemukakan suatu eksperimen bayangan. Terjadinya fenomena non locality yang dikatakan oleh John Bell bahwa EPR Paradox apakah lokal atau non lokal bisa dibuktikan dengan melakukan pengukuran suatu kehendak samaan, EPR Paradox benar terjadi dan telah dianalisa oleh A. Aspek. Revolusi pertama dari Quantum yaitu ketika orang menggunakan transistor. Kemudian revolusi kedia dimana adanya komputer quantum yang bekerja sangat cepat dan mampu memecahkan masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh komputer konvensional, hal ini termasuk dalam Quantum Computting. Quantum Communication pertama kali dimiliki oleh negara China yaitu dengan mempunyai quantum satelit. Quantum Sensing merupakan perangkat pengindra yang sangat sensitif, sehingga medan magnet dapat dipetakan lebih presisi.

Baca juga:

4 langkah proses pembuatan kabel serat optic

 

Beberapa perusahaan yang mulai bergerak dalam teknologi kuantum yaitu Google, Intel, Microsoft, Alibaba, Nvidia, Boeing, Honeywell, dan masih banyak lagi. Adapun negara yang menginjak teknologi kuantum yaitu US, UK, Europe, Canada, Russia, China, Japan, Singapore, Australia. Adapun lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan teknologi Quantum yaitu Oxford dengan Nokia, Raytheon dengan BBN Technologies, University of Cambridge dengan Toshiba, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sudah ada beberapa individu yang mulai meneliti tentang teknologi kuantum.

Untuk Video tentang Teknologi komputasi dan Komunikasi Kuantum dapat dilihat pada link https://www.youtube.com/watch?v=gXDRdZV0tfo atau klik disini.

Thursday, November 4, 2021

Catatan kecil etika komunikasi dengan dosen melalui telepon genggam

Teknik Elektro ITDA





Pernah dengar dengan istilah mahasiswa jaman sekarang atau mahasiswa zaman now? Katanya sich mahasiswa sekarang mengalami degradasi etika,woww apa maksudnya? Sekarang ini banyak mahasiswa yang moral dan etika mengalami “pengkaburan”. Menurut irwan pada link ini degradasi dimulai dari saat berkumpul di ruang rapat dalam rangka briefing tugas, mereka cuek saja asyik dengan gadget-nya atau ngomong sesama mereka sampai kalau berbicara dengan atasan atau yang lebih senior, sering menggunakan “aku” yang kesannya informal ketimbang “saya” yang lebih sopan dll.

Karena saya juga berkecimpung didunia pendidikan, pada kali ini saya akan membagikan beberapa etika menghubungi dosen melalui telepon genggam yang saya dapat dari rekan-rekan grup dosen.  Karena sekarang ini banyak mahasiswa yang tidak punya unggah ungguh dalam menghubungi dosen baik secara ketemu langsung maupun melalui telepon genggam. Sehingga banyak tenaga pengajar yang “risih” dengan hal itu.

Baca juga: Bingung cara merakit drone?Begini cara merakit sendiri quadcopter jenis ZMR250

Nah, contoh konkrit  yang sering saya temui yaitu:

  1. Ketahuan sedang buka media sosial saat pre-test, “Maaf bu, ini gebetan saya, saya harus jadi yg pertama yg klik love”
  2. Saya nurunin persamaan satu papan penuh, setelah selesai dapat tepuk tangan meriah dan membuat guruh kelas .. Mbok kiro nonton sirkus !!
  3. .. Saya tunggu di ruang dosen *mahasiswa jaman now… Berasa dosennya mau bimbingan
  4. Di ruangan tiba-tiba ada WA: Pak,sekarang di ruangan gak?aku mau keruangan bapak….padahal dosennya di ruangan.
  5. Mahasiswa yang melewati di depan dosen yang duduk,tanpa mengucapkan permisi dll
  6. Mahasiswa nongkrong-nongkrong yang menghalangi jalan untuk lewat dosen.
  7. Dan masih banyak sekali contoh-contoh yang saya temui.
Back to topik, berikut etika menghubungi dosen melalui telepon genggam, referensi dari fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia:

1. Memperhatikan waktu yang tepat untuk menghubungi dosen. Anda bisa memilih waktu yang biasanya tidak digunakan untuk beristirahat atau beribadah. misalnya hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 WIB atau di saat waktu ibadah.

www.calesmart.com

2. Mengawali dengan sapaan atau mengucapkan salam. jika kedua belah pihak sesama muslim bisa menyapa dengan ucapan: Assalamu'alaikum.

www.calesmart.com

3. Tunjukkkan kerendahan hati anda dengan mengucapkan kata maaf. misalnya: Mohon maaf mengganggu waktu bapak/ibu.

www.calesmart.com

Baca juga: Melirik Juara umum kontes robot indonesia 2018

4. Menuliskan identitas mahasiswa secara lengkap, karena setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. MIsalnya: Nama saya Catur, Mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2013, Semester ini mengambil mata kuliah Algoritma dan Pemrograman di kelas Bapak/Ibu.

www.calesmart.com

5. Menggunakan bahasa yang umum dimengerti, baku, tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Hindari juga kata panggilan non formal seperti aku, kamu dll. 

www.calesmart.com

6. Menuliskan pesan dengan singkat dan jelas. misalnya: Saya memerlukan tanda tangan bpk/ibu di lembar pengesahan Skripsi Saya, Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu?

www.calesmart.com

7. Pada akhir pesan di tambahkan ucapan terima kasih atau salam sebagai penutup

www.calesmart.com

Contohnya secara umum berikut ini: Selamat pagi Bapak, mohon maaf mengganggu waktu bapak. Saya Catur, Mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 13 yang saat ini sedang menuls skripsi dan Bapak sebagai pembimbingnya. Saat ini saya membutuhkan tanda tangan Bapak pada lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya bisa menemui Bapak? Terima kasih sebelumnya.

 

www.calesmart.com

Semoga artikel ini bisa mengingatkan dan bermanfaat untuk sobat blogger.

Bagaimana Tips untuk menjaga Kesehatan Mental saat Belajar Daring?

Teknik Elektro ITDA



Pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu terutama bagi pelajar. Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius. Apa saja gangguan kesehatan mental yang dapat muncul dan bagaimana cara mengatasinya?

Pandemi telah mengubah banyak hal, terutama dalam pendidikan. Pada hal ini adalah belajar secara daring (online), hal ini merubah sistem pembelajaran diantaranya, interaksi melalui layar yang menyebabkan tubuh kita mudah lelah karna mata terlalu lama pada layar monitor, tantangan untuk menjaga konsentrasi lebih tinggi, bagi beberapa siswa memahami pelajaran tidaklah mudah, waktu tidur yang tidak tentu, dan sebagainya.

Lihat materi ini pada youtube: youtu.be/MHuzvLXPj7Y

Motivasi untuk Menjaga Kesehatan Mental saat Belajar Daring

 

Cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental. Sehingga dapat belajar daring dengan nyaman dan dapat memahami apa yang dijelaskan. Solusi menjaga kesehatan fisik adalah denga makan dan minum yang cukup, istirahat yang berkualitas, dan selalu bergerak atau olahraga setiap harinya. Adapun ciri sehat mental diantaranya dapat memahami kelebihan diri, mampu mengatasi stres, mampu menjalankan peran sehari-hari dan berkontribusi untuk daerah sekitar.

Baca juga:

Amalkan bacaan Istighfar 1000 Kali sehari, Rasakan keutamaannya

 

Kemudian hal yang perlu dijaga juga adalah emosi, kognisi, dan relasi. Untuk menjaga emosi hal yang harus dilakukan adalah menerima segala macam emosi yang datang, lalu menentukan bagaimana cara mengatasi nya seperti (melatih skill, berbicara dengan yang lain, melakukan hal positif, dll). Pahami alasan emosi yang muncul dan buatlah strategi untuk mengatasinya.

salah satu cara untuk mengatasi emosi yaitu dengan teknik mengatur nafas yang benar (Butterfly Hug,). Untuk menjaga kognisi yang harus dilakukan adalah selalu melihat hal positif disekitar kita dimasa kini maupun dimasa yang akan datang, memulai langkah pertama dari yang mudah bermanfaat jika bisa untuk sekitar tapi jikat tidak untuk diri kita sendiri terlebih dahulu, jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki,tidak apa gagal terus kejar apa yang kita inginkan. Untuk menjaga relasi temukan dukungan-dukungan sosial. Meminta bantuan ketika memang membutuhkan bantuan dan temukan teman untuk bercerita atau menghabiskan waktu.

Baca juga:

Review buku Judul buku: Lindungi Anak dari Pengaruh Teman Buruk

Selain dari hal tersebut, kita juga perlu menjaga mental dan fisik kita dengan teknik ABC. Adapun ABC-nya itu yang dimaksud dengan Asupan bergizi, B itu bergeraknya cukup walaupun hanya melakukan olahraga di rumah saja kita bisa tetap bugar, lalu C-nya itu adalah cukup istirahat.

Sehat mental adalah suatu kondisi yang membuat kita mampu menjalankan kegiatan sehari-hari, menjadi orang yang merasa berarti, dan bisa membantu orang lain. Dengan menjaga kesehatan fisik, emosi stabil, pikiran jernih, dan relasi positif dalam perilaku sehari-hari.

Semoga bermanfaat

Peluang Internet of Things (IoT) di indonesia

Teknik Elektro ITDA


Internet of Thing (IOT) merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Teknologi ini ditujukan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, sekarang benda apapun sudah bisa deprogram baik itu HP, jam, sepatu, baju, kalung, topi, helm dan masih banyak lagi. Selain itu, perangkat keras yang digunakan juga semakin kecil dan semakin murah.

IoT menjadi hal yang sangat penting di Indonesia, dengan jumlah pengguna internet 197,7 juta orang atau 73,7 persen dari total populasi Indonesia pada 2019-2020 (Q2), membuat Indonesia menjadi salah satu pasar internet terbesar di dunia. Konsep Internet of Things (IoT) mempengaruhi gaya hidup dan menyesuaikan bagaimana kita bekerja, yang membuat IoT menjadi menarik.

Baca juga:

Merakit sendiri Robot Line Follower Sederhana dengan dinamo bekas VCD

Kenapa di Indonesia menjadi salah satu pasar IoT terbesar di dunia dan menarik adalah akumulasi jumlah penduduk dan device IoT yang akan digunakan. Untuk ilustrasi perhitungan peluang dapat dimisalkan setiap orang mempunyai lebih dari 1 smartphone untuk keperluan pribadinya sehingga jika IoT dikembangkan, tidak menutup kemungkinan setiap orang akan menggunakan atau membawa lebih dari 2 device IoT setiap harinya.

Untuk contoh dari penggunaan IoT dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Bandung Weather Sensors

Menempatkan sensor-sensor di berbagai kelurahan dan kecamatan kota Bandung dan dapat mengaksesnya di website yang telah disediakan. Jadi temperatur di seluruh kota Bandung dapat dipantau melalui Bandung Weather Sensor.

  1. Pemantauan lebah

Untuk mengatasi populasi lebah yang menurun, dibuat IoT untuk memantau lebah. IoT tersebut diletakkan di sangkarnya untuk memantau kondisi suasana sangkar, kondisi lebah, dan madunya. Semuanya dipantau secara online.

 

Baca juga:

Cara membuat prototipe sistem garasi otomatis 

  1. Pemanfaatan di bidang Industri

Untuk menunjang era industri 4.0, dibutuhkan IoT yang difokuskan untuk mesin otomasi, pengelolaan gudang, memonitor secara real-time, efisiensi karena tidak diperlukan kontak langsung antara mesin dan operator, dan lain-lain.

  1. Pemanfaatan di bidang Kesehatan

Sebuah barang yang wearable untuk pasien dapat membantu tenaga medis untuk memantau kondisi dari jauh, bahkan untuk pasien yang tidak melakukan rawat inap sekalipun. Menggunakan sensor untuk mendeteksi kondisi pasien yang kemungkinan mengalami gejala penyakit, mencari tanda vital pasien yang memiliki penyakit serius, status kesehatan pasien, dan konsultasi dokter dengan pasien pun bisa dilakukan dengan menggunakan video call.

Baca juga:

Mengenal tentang Teknologi Komputasi dan Komunikasi Kuantum

 


Sedangkan konsep dasar dari IoT sendiri terdiri dari 4 unsur yaitu

  1. Artifical Intelligence/AI

Karena konsep dari IoT adalah menghubungkan segala objek melalui internet, IoT membutuhkan AI untuk mengumpulkan data dan mengolahnya tanpa perlu interaksi langsung antara pengguna dengan objek.

  1. Konektivitas

Dalam IoT memerlukan jaringan sebagai penghubung objek yang diprogram. Tidak dibutuhkannya lagi kabel secara fisik, karena adanya unsur internet dalam IoT yang memudahkan kegiatan sehari-hari.

  1. Sensor

IoT juga mencakup teknologi sensor, kembali lagi ke tanpa diperlukannya interaksi antara pengguna dengan objek. Sensor diperlukan untuk mendeteksi pergerakan fisik, perubahan besaran, kecepatan, suhu, dan lain-lain. Input yang terdeteksi akan dijadikan output yang kemudian dimengerti oleh manusia melalui IoT.

  1. Perangkat berukuran kecil

IoT merambah ke perangkat kecil untuk mencapai nilai fleksibilitas yang baik. Karena tujuan dari IoT sendiri adalah meningkatkan efisiensi waktu  dan membantuk kegiatan seseorang yang berhubungan dengan IoT.

 

Untuk video dari peluang Internet of things di Indonesia dapat dilihat pada video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=z2VonLVKgm4

Klik disini